Ketua Umum ARTVISI Hadiri Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di LIPIA Jakarta

80

ARTVISI.or.id : Ketua Umum Asosiasi Radio Televisi Islam Indonesia (ARTVISI) Ustadz Muhammad Elvi Syam, Lc. MA menghadiri acara puncak Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia (World Arabic Language Day (WALD)) yang digelar oleh Kedubes Saudi pada pada Senin, 18 Desember 2023 di Auditorium Lembaga Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Ustadz Elvisyam mengungkapkan apresiasi atas terselenggaranya peringatan Hari Bahasa Arab ini sebagai sarana dalam memotivasi dan mengajak masyarakat luas untuk mencintai bahasa Arab. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai momentum bagi ARTVISI untuk meningkatkan jalinan silaturahmi dan sinergi dengan Kedubes Arab Saudi di Indonesia.

“Eksistensi bahasa Arab di dunia tidak bisa diragukan lagi, pertanyaannya, bagaimana peran kita, bagaimana kontribusi kita untuk terus mencintai dan membersamai bahasa Arab? Bahasa Arab merupakan identitas umat muslim. Maka sudah sepatutnya sebagai seorang muslim untuk mencintai bahasa Arab dan menyemarakkan penggunaan bahasa Arab kepada masyakarat luas,” ungkap Ustadz Elvisyam kepada Redaksi, Senin, 18 Desember 2023.

Peringatan ini dibuka langsung secara resmi oleh Yang Mulia Dubes Saudi di Indonesia, Syeikh Faisal bin Abdullah Al Amudy. Dalam sambutannya, Yang Mulia Dubes mengatakan, bahasa Arab termasuk bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Hari Bahasa Arab Sedunia diperingati setiap tanggal 18 Desember bertepatan dengan hari pada tahun 1973 ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi bahasa Arab sebagai bahasa resmi keenam organisasi PBB.

Yang Mulia Dubes juga menyampaikan perhatian dan dukungan pemerintah Arab Saudi terhadap bahasa Arab. Perhatian ini tentunya melalui pendirian berbagai macam lembaga pendidikan yang berkaitan dengan bahasa Arab khususnya pendidikan di seluruh negara Islam termasuk Indonesia.

“Kerajaan Arab Saudi telah memberikan segala daya upaya untuk menjaga bahasa arab dengan membangun pusat-pusat pendidikan bahasa arab di berbagai negara disertai dengan pemberian beasiswa. Selain itu, bertambahnya perhatian terhadap bahasa arab adalah bukti usaha yang nyata dari pemerintah KSA guna membantu setiap SDM dari negara-negara islam untuk terus melestarikan Bahasa Arab,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Direktur Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Islam Arab (LIPIA) Syaikh Dr. Walid Al-Othman dalam sambutannya juga mengungkapkan perhatian penuh Kerajaan Arab Saudi terhadap pengembangan Bahasa Arab di Indonesia.

Salah satu fasilitas yang dibangun oleh pemerintah Arab Saudi di Indonesia adalah dengan membangun lembaga pendidikan yakni “Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA) Jakarta”. LIPIA di Indonesia telah berdiri sejak 40 tahun yang lalu dengan kurang lebih jumlah alumni telah mencapai 21.000 orang.

Saat ini, LIPIA yang merupakan cabang Universitas Imam Muhammad bin Su’ud Riyadh itu sudah terbangun di berbagai wilayah seperti Jakarta, Aceh, Medan dan Surabaya. Di berbagai cabang tersebut dengan konsentrasinya jurusan Bahasa Arab. Kemudian, di LIPIA Jakarta sudah memiliki beberapa fakultas yaitu, fakultas syariah, fakultas bahasa arab, fakultas manajemen dan ekonomi Islam. ***

Editor : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here