Arab Saudi Kecam Seruan Israel yang Perintahkan Warga Palestina Kosongkan Wilayah Gaza

202

ARTVISI.or.id : Kerajaan Arab Saudi mengecam seruan Israel agar 1 juta warga Palestina meninggalkan wilayah Gaza. Arab Saudi juga mengecam militer Zionis yang terus-menerus menargetkan warga sipil Palestina yang tidak berdaya.

Sebelumnya, Militer Israel memperingatkan seluruh warga sipil di wilayah Gaza Utara yang berjumlah lebih dari 1 juta orang, untuk pindah ke selatan dalam jangka waktu 24 jam. Peringatan itu disampaikan saat tank-tank militer Israel bergerak untuk melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza.

“Kerajaan Arab Saudi menegaskan penolakannya terhadap seruan pengusiran paksa warga Palestina dari Gaza, dan kecamannya atas terus menerus menargetkan warga sipil tak berdaya di sana,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Jumat, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (14/10/2023).

Arab Saudi juga meminta komunitas internasional untuk segera mengambil tindakan menghentikan semua eskalasi militer terhadap warga sipil dan mencegah terjadinya bencana kemanusiaan.

“Komunitas internasional harus memberikan bantuan dan kebutuhan medis yang dibutuhkan masyarakat Gaza, terutama karena perampasan kebutuhan dasar untuk kehidupan yang layak yang melanggar hukum kemanusiaan internasional,” ujar pernyataan tersebut.

Arab Saudi memperingatkan jika komunitas internasional tidak melakukannya, itu akan memperburuk krisis dan penderitaan yang dialami masyarakat di wilayah tersebut. Arab Saudi menyerukan diakhirinya blokade Israel atas Gaza, mengevakuasi warga sipil yang terluka dan memajukan proses perdamaian antara Palestina dan Israel sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB dan Inisiatif Perdamaian Arab. Inisiatif Perdamaian Arab mengusulkan solusi dua negara dengan pembentukan negara Palestina merdeka dan berdaulat berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. ****

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/saudi-arabia/2023/10/13/Saudi-Arabia-slams-Israeli-calls-for-Palestinians-to-leave-Gaza

Editor : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here