Israel Gempur Konvoi Kendaraan Evakuasi Warga di Gaza, Puluhan Orang Tewas dan Terluka

27

ARTVISI.or.id : Puluhan orang dilaporkan tewas dan lainnya terluka dalam serangan udara Israel di jalan utama yang menghubungkan wilayah Gaza Utara dengan Gaza Selatan. Serangan udara itu datang di saat sebagian warga sipil pergi mengungsi ke wilayah Gaza Selatan setelah keluarnya ancaman peringatan dari militer Israel.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan Palestina, setidaknya 70 orang tewas dalam tiga kali serangan udara terpisah di jalan raya, dengan serangan terbaru yang menewaskan sedikitnya 40 orang.

Penduduk setempat telah melaporkan sejumlah serangan di Jalan Salahuddin di saat konvoi kendaraan evakuasi melintasi jalan tersebut. Para penyintas lokal memohon agar warga lainnya tidak melakukan perjalanan tersebut karena dikhawatirkan akan menjadi sasaran tentara Israel.

“Jangan pergi. Mereka mengebom konvoi tersebut. Mereka mengebomnya di Jalan Salah al-Din. Mereka mengebom ambulans,” ungkap seorang korban yang berhasil selamat di lokasi tersebut, seperti dilansir dari Middle East Eye, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Korban selamat lainnya mengatakan serangan itu merupakan “target langsung terhadap perempuan dan anak-anak”.

“Saya berada di dalam truk. Ada sekitar 200 orang. 90 persennya adalah perempuan dan anak-anak. Kami mengambil jalan utama yang diketahui seluruh dunia. Seluruh keluarga saya bersama saya. Entah dari mana, mereka menjatuhkan bom. Semuanya gelap dan saya kehilangan kesadaran selama 10 menit,” ungkapnya.

“Saat saya bangun saya melihat seorang ibu terbaring bersama bayinya, yang otaknya berada tepat di sebelahnya. Saya mendengar suara ambulans lalu mereka mengebom lagi. Saya berlindung dan setelah beberapa menit mencoba memeriksa kerusakan, lalu mereka mengebom lagi,” ujarnya menceritakan kronologi serangan tersebut. ***

Sumber : Middle East Eye | Weblink : https://www.middleeasteye.net/news/israel-palestine-war-scores-killed-israeli-air-strikes-families-fleeing-northern-gaza

Editor : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here