AS: Belum Ada Kesepakatan Normalisasi antara Arab Saudi dengan Israel

27

ARTVISI.or.id : Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan hingga saat ini belum ada kesepakatan normalisasi hubungan antara Arab Saudi dengan Israel. Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengungkapkan untuk mencapai kesepakatan itu dibutuhkan lebih banyak diskusi yang sulit untuk diwujudkan.

Kirby menambahkan kedua negara belum menyetujui kerangka kerja bersama untuk melakukan negosiasi. Hal itu semakin memperkecil peluang dibukanya hubungan diplomatik antar kedua negara.

“Masih banyak diskusi yang akan terjadi di sini. Tidak ada rangkaian negosiasi yang disepakati, tidak ada kerangka kerja yang disepakati untuk mengkodifikasi normalisasi atau pertimbangan keamanan lainnya yang kami dan teman kami miliki di kawasan ini,” ungkap John Kirby seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Membuka hubungan antara Arab Saudi dan Israel – dua sekutu utama AS di Timur Tengah – telah menjadi fokus utama kebijakan pemerintahan Biden di wilayah tersebut. Namun, kesepakatan itu belum akan tercapai menjelang akhir pemerintahannya.

Kirby mengatakan bahwa PM Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu Biden akhir tahun ini untuk membicarakan hal tersebut. Netanyahu sendiri telah berulang kali menyampaikan dalam pernyataannya keinginannya untuk membuka hubungan dengan Arab Saudi. ***

Sumber : Al Jazeera | Weblink : https://www.aljazeera.com/news/2023/8/9/us-says-no-framework-agreed-yet-for-israel-saudi-normalisation-deal

Kontributor : Abu Isa Karim D | ARTVISI.or.id | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here