Memperkuat Jaringan Kemanusiaan: RS dan KSRelief Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama di Jakarta

31

ARTVISI.or.id : Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta telah menggelar pelatihan sukarelawan untuk pertolongan pertama tingkat lanjut, yang diselenggarakan melalui King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief). Acara berlangsung di Auditorium RS Islam Jakarta Cempaka Putih, dengan dihadiri ratusan peserta, termasuk dokter dan perawat.

Pelatihan ini, yang berlangsung dari 27 April hingga 3 Mei 2024, mengajarkan keterampilan Advanced Life Support, Advanced Cardiac Life Support, dan Basic Life Support kepada peserta. Dubes Arab Saudi, Faisal Abdullah Al Amud, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama yang sudah terjalin antara KSRelief dan rumah sakit di Jakarta.

“Ini adalah bagian dari kerjasama kebaikan dan ketaqwaan kita sebagai umat Islam yang terus di gelorakan. Program ini memiliki dampak penting bagi dunia dalam memberikan bantuan di seluruh dunia,” ungkap Dubes Al Amud.

Eko Yulianto, Direktur SDI BINROH dan AIK RS Islam Jakarta, menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan untuk ‘refreshing ilmu’ kepada peserta. Biasanya, pembelajaran atau pelatihan semacam ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan, namun dengan pelatihan ini, ilmu yang dimiliki dapat diperbarui dan ditingkatkan, sehingga dapat diterapkan di unit-unit khusus seperti IGD, ruang operasi, dan ICCU.

“Ini merupakan tindakan ataupun kegiatan sukarelawan kemanusiaan. Kami berharap bahwa dari kegiatan ini, ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dalam konteks kemanusiaan, terutama bagi tenaga kesehatan di rumah sakit,” tambahnya.

Pelatihan ini tidak hanya menjadi wadah bagi peningkatan keterampilan, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata dalam upaya membantu sesama, mencerminkan semangat kemanusiaan yang universal.

Reporter: Fathurrahman | Editor : Fairuz Syaugi | Kabasurau.co.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here