Saudi Arabia: Umroh Hanya Diperbolehkan Satu Kali Saja Selama Bulan Ramadhan

76

Hajj

Arab Saudi menerapkan pedoman baru bagi jamaah yang ingin melakukan Umrah selama bulan Ramadan. Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah menetapkan bahwa jamaah tidak diizinkan untuk melakukan Umrah lebih dari satu kali selama bulan suci tersebut. Aturan baru ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua jamaah yang ingin melakukan Umrah selama Ramadan memiliki kesempatan untuk melaksanakannya dengan mudah dan nyaman.

Kementerian menekankan pentingnya mendapatkan izin dari aplikasi Nusuk untuk melaksanakan Umrah dan mematuhi waktu yang telah ditentukan. Jamaah dapat menghapus janji temu mereka melalui aplikasi sebelum memasuki waktu izin dan dapat mengeluarkan izin baru jika ingin mengubah tanggal. Namun, tidak ada fitur untuk mengubah tanggal Umrah.

Aplikasi “Nusuk Hajj”

Kementerian menyatakan bahwa izin Umrah tersedia untuk warga Saudi, penduduk, dan orang asing dengan visa aktif. Individu yang tertarik diminta untuk segera mendapatkan izin mereka melalui aplikasi Nusuk dan mengikuti tanggal yang telah ditentukan untuk melakukan Umrah. Aplikasi Nusuk dapat diunduh dari Apple Store atau Google Play.

Selain itu, bagi mereka yang datang dari luar negeri harus memastikan bahwa mereka tidak terinfeksi COVID-19 atau telah kontak dengan orang yang terinfeksi, karena kementerian mengambil semua langkah pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan jamaah Umrah.

Jamaah Harus Menghormati Kesucian Tanah Suci

Otoritas telah mendorong para jamaah di tempat suci Islam untuk memperhatikan “etika” dalam pengambilan foto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah mengingatkan tentang perilaku yang baik saat mengambil foto di Masjidil Haram. “Kesucian tempat di dua masjid suci harus dijaga. Kita harus memperhatikan etika pengambilan foto dan menjaga hak orang lain,” kata kementerian tersebut di Twitter.

Kementerian menunjukkan bahwa etika ini termasuk untuk tidak memotret seseorang tanpa izin, tidak mengganggu ibadah, atau menyebabkan kerumunan dengan berhenti untuk mengambil gambar.

Jutaan Umat Muslim Membanjiri Arab Saudi

Jutaan umat Muslim memadati Arab Saudi selama bulan Ramadan, yang biasanya menandai puncak musim Umrah di Masjidil Haram. Jutaan Muslim dari seluruh dunia memadati tempat-tempat suci di Arab Saudi, terutama selama Ramadan, untuk beribadah dan melakukan Umrah.

Kerajaan mengharapkan jumlah jamaah Umrah sejak dimulainya musim pada bulan Juli tahun lalu akan mencapai 9 juta pada akhir Ramadan.

Sumber : The Islamic Information | Weblink : https://theislamicinformation.com/news/saudi-arabia-performs-ghusl-kabaa-ceremony-once-a-year

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here