Dubes Arab Saudi Kunjungi Wapres Ma’ruf Amin, Sampaikan Salam dari Raja Salman

32

ARTVISI.or.id : Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi di kediaman resmi wakil presiden di Jakarta, Kamis, 25 Mei 2023.

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, mengungkapkan bahwa dalam pertemuan itu Dubes Saudi menyampaikan salam dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk Wapres RI KH. Ma’ruf Amin dan Presiden RI Joko Widodo.

“Raja Arab Saudi menyampaikan salam kepada Wakil Presiden bahwa hubungan antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia itu adalah hubungan yang khusus, sejarahnya cukup panjang dan cukup lama,” kata Masduki dalam keterangan pers, Kamis, (25/5/2023).

Raja Salman melalui duta besarnya juga berharap agar hubungan Indonesia dan Arab Saudi akan semakin konkret ke depan, terutama dalam sektor perdagangan dan ekonomi. Masduki menuturkan, pihak Arab Saudi memandang hubungan perdagangan antara Arab Saudi dan Indonesia belum maksimal.

“Tapi bagaimana caranya antara Arab Saudi dengan pemerintah Indonesia juga bagaimana supaya mitra dagangnya bisa ditingkatkan, dan kedua-duanya berkomitmen untuk bagaimana kedepan itu mau dibangun lebih baik lagi,” kata Masduki.

Ia melanjutkan, dalam pertemuan ini, Wapres Ma’ruf turut memberikan apresiasi kepada Arab Saudi atas inisiasinya dalam merangkul dan mendekatkan negara-negara di kawasan Arab di KTT Liga Arab di Jeddah baru-baru ini. Sebab, hal tersebut dapat menggambarkan potret geopolitik Timur Tengah yang bergerak menuju keseimbangan baru.

“Salah satu yang sangat diapresiasi oleh Wapres adalah kepemimpinan Arab Saudi di dalam Liga Arab kali ini karena satu hal yang menjadi fokus dari kepemimpinan Liga Arab saat ini adalah merangkul kawan-kawan yang lama,” ucap Masduki.

“Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) menerima dengan baik Presiden Suriah yang sebelumnya tidak akrab dan berpisah lalu dirangkul. Itu satu hal menunjukkan hal baik,” tambahnya.

Sebagai informasi KTT Liga Arab pada 19 Mei 2023 lalu menyepakati Deklarasi Jeddah yang berisi komitmen bersama dalam mengupayakan solusi damai di Perang Rusia-Ukraina, konflik di Suriah dan Sudan, serta menegaskan kembali dukungan Liga Arab untuk kepentingan bangsa Palestina.

Ma’ruf berharap, Arab Saudi sebagai pemimpin Liga Arab dapat mempersatukan umat Islam sehingga disegani oleh kekuatan-kekuatan lain.

Di samping itu, Ma’ruf juga menyampaikan rencananya berkunjung ke Arab Saudi pada 2024 mendatang, di akhir masa jabatannya sebagai wakil presiden. (DAS/NN – BPMI Setwapres) ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here