Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi Kunjungi Empat Perguruan Tinggi di Kota Padang, Sumatera Barat

29

ARTVISI.or.id : Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi melakukan kunjungan ke Kota Padang, Sumatera Barat pada hari Ahad-Selasa, 12 s.d 14 Februari 2023. Sesuai agendanya, sebanyak tujuh orang delegasi Saudi tersebut melakukan kunjungan ke empat perguruan tinggi di Kota Padang, yakni : Universitas Negeri Padang (UNP), UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Andalas (Unand) dan Politeknik Negeri Padang (PNP).

Ke tujuh delegasi tersebut adalah : DR. Abdulrahman Ali M Alamri, DR. Sami Abdulrahman H Alharbi dari Kementerian Pendidikan Arab Saudi. Kamal Jameel A Alwidyani dari Kementerian Luar Negeri Saudi. DR. Ibrahim Salem N Alsaedi dari Universitas Islam Madinah. DR. Bander Saeed A Zahrani dari Universitas Imam Mohammed Ibn Saud Riyadh. DR. Asma Andulmana A Alhamadi dari Universitas Elektronik Saudi dan DR. Abdulhamid A Bukhari dari Universitas Ummu Alquro Makkah Al Mukarramah.

Rombongan Delegasi Saudi tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada hari Ahad (12/2/2023), sekitar pukul 16.00 WIB. Kedatangan tamu mulia ini disambut oleh 2 orang pimpinan perguruan tinggi di Kota Padang, yaitu Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd; dan Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. Selain itu juga turut hadir perwakilah dari Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Pemprov Sumbar.

Dalam keterangannya, DR. Abdulrahman Ali M Alamri, salah satu dari delegasi yang membidangi hubungan internasional Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengucapkan terima kasih atas sambutan ini dan menyampaikan maksud kedatangan rombongan delegasi Saudi ke Kota Padang.

“Kunjungan ini untuk memperkuat hubungan kedua negara terutama dalam bidang pendidikan, sebelumnya hubungan ini telah ada, namun akan diperkuat lagi dengan Universitas-Universitas tertentu, salah satunya di sini di Kota Padang,” ungkap Syaikh yang diterjemahkan oleh Ustadz Muhammad Elvi Syam.

Kemudian Syaikh melanjutkan, program yang akan dikembangkan nanti yaitu pendidikan keislaman, kemudian program bahasa arab, syariah, dan juga terbuka untuk pendidkan umum, termasuk kedokteran.

Hari pertama kedatangan Syaikh dijamu dengan hidangan makan malam di Universitas Negeri Padang dan dijamu oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D.

Kemudian agenda pada hari Senin (13/2/2023), rombongan delegasi melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Padang dan UIN Imam Bonjol Padang. Pada hari Selasa, (14/2/2023), rombongan delegasi diagendakan akan melakukan kunjungan di Universitas Andalas dan Politeknik Negeri Padang.

Reporter : Fairuz Syaugi, Editor : Hermanto Deli | ARTVISI News Agency

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here